Bisnis Tiens Syariah ini memang menarik, bukan saja soal materi yang bisa dikejar namun juga ada nilai pertemanan yang luas dan nilai-nilai perjuangan dari bukan siapa-siapa bisa menjadi figur sukses yang didamba banyak orang. Seperti 2 orang yang bersama saya ini, kisah mereka sungguh inspiratif, from zero to hero yang sebenarnya, dan lucunya mereka adalah teman SMA yang berbeda kutub namun di bisnis Tiens justru saling melengkapi. Seorang Pak Then Fung Yung adalah orang yang berasal dari kutub yang bisa dibilang kutub anak baik-baik alias ga banyak bikin masalah di sekolah, cenderung menutup diri, ya pergaulan juga sedapetnya aja, intovert, pendiam, pemalu, plegmatis nan damai. Sedangkan yang satu lagi, Pak Handry Wiguna datang dari kutub berlwanan, ia dikenal lebih supel, pergaulannya pun lebih banyak, terutama yang bandel-bandel hehe, pribadi yang extrovert, tipikal superior, punya kelebihan untuk memimpin, seorang koleris yang kuat. Beberapa tahun kemudian setelah mengenyam pendidikan sekolah SMA, kuliah, tibalah di sebuah masa persimpangan mencari jalan mengais rejeki, adalah Pak Fung Yung yang duluan mengetahui bisnis Tiens ini dari rekannya, kemudian cerita berlanjut dengan akhirnya Pak Fung Yung memberanikan diri untuk menawarkan bisnis Tiens Syariah ini kepada Pak Handry yang berbeda kutub tadi. Entah angin apa yang membawa keberanian tersebut, karena bisa kita bayangkan seorang yang pendiam pemalu menawarkan bisnis MLM pada temannya yang sebaliknya, begitu superior. Untuk sekedar berkomunikasi biasa saja sepertinya akan terasa canggung, tapi ini lebih jauh dari itu menawarkan sebuah konsep yang kala itu masih begitu asing di era tahun 2000-an awal. Dan dari keputusan inilah, tak pernah terbayangkan oleh mereka berdua pun sesungguhnya bahwa keputusannya bisa mengubah jalan cerita ribuan orang sesudahnya, dan membuat Tiens Indonesia sampai ke titik ini. Sebuah legenda MLM Indonesia, dari 2 orang yang berbeda kutub, pendiam dan superior. Ini adalah bukti bahwa bisnis Tiens cocok untuk tipe kepribadian apapun, yang terpenting adalah kemauan yang tinggi, atau dalam bahasa yang lebih tepat impian dan sikap memegang peranan penting. Alhamdulillah saya pun mengenal bisnis Tiens ini dari Pak Handry Wiguna langsung, baru 3 tahun saya memulai karir bisnis ini dengan banyak suka duka, pembelajaran yang berharga, lebih banyak bersyukur dan bersabar dengan semua prosesnya baik penolakan, kegagalan, dan lainnya. Di semua proses itulah saya merasa beruntung punya 2 mentor hebat yang saling melengkapi ini buat mentoring saya yang seringkali grasak grusuk dalam membangun bisnis Tiens ini. Skill komunikasi dan kepemimpinan mereka berdua membawa saya dan tim melaju terus dengan berbagai rintangan yang ada. Jalan menuju sukses itu semakin terasa dekat, sukses yang hakiki, menjadi manfaat untuk banyak orang.   Masih dicari partner bisnis untuk jalankan distribusi TIENS Hybrid di wilayah JABAR dan JABODETABEK dan Kota besar lainnya di seluruh Nusantara. InsyaAlalh kami punya program 1 Tahun bintang 8 dengan income 5 juta/Minggu. Diutamakan yg berpengalaman di network marketing. Minat Serius?? Hubungi 081395000999 line bobmerdeka.

Read More →

    Wow ga kerasa udah mau 7 tahun aja Maicih ini.. Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah yang telah mengijinkan Maicih¬†sampai di titik ini, semoga penuh berkah dan manfaat untuk banyak orang. Terimaicih buat semua keluarga Maicih yang mengikuti perjalanan ini dengan pernah dan sedang apalagi terus membeli, menjual, mendistribusikan, membantu dalam aktifitas lainnya yang terus memberi apresiasi baik saran maupun kritiknya. Terimaicih juga buat yang ikut rempong pada masanya, panas pada jamannya, ikut kebagian pedasnya, asin asam pahit manis ya smua bumbunya itu lah pokonya, dari yang ringan seperti cari supplier singkong karena kebanjiran order sampai yang berat kaya kebakaran bumi maicih di 2013. Alhamdulillah semua indah pada waktunya. Terimaicih sebesar-besarnya buat semuanya yang ikut terlibat selama ini, suka maupun duka, cinta maupun benci, mohon dimaafkan atas segala kesalahan.

Read More →

Diundang oleh rekan yang sudah lama tak berjumpa, Teh Lia untuk menjadi narasumber mengenai bisnis Maicih dan juga bisnis Tiens di radio 964 FM Bandung. Undangan ini pun cukup mendadak, sehingga tak ada persiapan matang, dikontek oleh Teh Lia 2 hari yang lalu. Beruntungnya jam terbang Surya Libertian dalam mewawancara narasumber menjadi mudah dan mengalir selama 1 jam lebih di radio 964 FM. ¬†Surya ini ternyata drummer dari band Kuburan juga, dan pernah kolaborasi bersama Maicih di pembukaan Maicih Baso di 2014 silam. Wah waktu ya ga kerasa udah berlalu begitu saja.. Fiuhhhhh cepet banget bos !   Pertanayaan-pertanyaan dari pendengar juga seru-seru semua seputar bisnis, ada yang nanya kiat sukses, kemudian kang Bob bisnis apa aja sekarang, dan yang paling menarik adalah gimana caranya biar bisnis ga gagal ? Jawaban saya untuk pertanyaan seperti ini adalah tidak mungkin ! AHAHAHAHA. Emang begitulah bisnis, kita harus berani gagal, justru jangan menghindari gagal, karena dengan begitu kita tak akan pernah memulai selamanya. Dan gagal yang sebenarnya itu adalah diam, tak pernah mencoba. Ujian keberhasilan itu kalau kita sikapi dengan benar, bukanlah sebuah kegagalan permanen. Kegagalan menjadi permanen, kalau kita berhenti mencoba, tapi kegagalan akan bersifat sementara temporer kalau kita terus bergerak. Kuncinya adalah terus bergerak sampai SUKSES !!    

Read More →

Alhamdulillah bisa diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman membangun bisnis Maicih di acara I'm Possible Merry Riana di Metro TV. Saya adalah salah satu orang yang mengikuti kisah perjalanan kesuksesan Merry Riana yang terkenal dengan buku Mimpi Sejuta Dollar. Dengan diundangnya saya ke acara beliau ini tentu saja merupakan kehormatan yang luar biasa. Dan saat bertemu beliau langsung in person, ternyata orangnya begitu humble, dan sangat positif, sesuai dengan apa yang saya bayangkan selama ini. Senyumnya sumringah, tanda keramahan yang mencerminkan pribadi sukses penuh kedisiplinan. Yang menarik dari pertemuan beliau ini, ternyata beliau dulu saat di Singapore pernah bergabung dan cukup serius menjalankan bisnis Tiens, karena tergiur dengan rekan-rekannya di Bandung yang masih muda sudah bisa sukses punya BMW sendiri, begitu tuturnya. Namun sayang karena infrastruktur Tiens di Singapore pada jaman itu belum mendukung, sehingga karir beliau di bisnis Tiens tidak membuahkan hasil yang signifikan, hidup berbicara lain hingga akhirnya Merry Riana bisa mewujudkan impiannya dan kini menjadi salah satu pembicara sekaligus motivator terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Sukses terus Merry Riana, jangan lupa tonton tayangannya ya 26 Februari 2017 !  

Read More →

Terimaicih untuk Hai Magazine dan incu semua pelanggan Keripik Maicih sehingga awal tahun ini Hai Magazine Edisi 01 (Januari 2017), saya dinobatkan sebagai Pengusaha Muda Sukses yang Menginsprasi Anak-Anak Muda, masuk ke dalam "The Power of 40 Youngpreneur"

Tips menjadi Youngpreneur sukses ala Bob Merdeka, jalani tahap demi tahap proses membangun bisnis dengan penuh antusias, jangan remehkan hal kecil. Berawal dari jualan keripik di lingkungan kampus, bermodal Rp. 50.000, kini Maicih sudah dipasarkan ke berbagai penjuru dunia. So, hal kecil yang dijalani dengan serius dan antusias bisa menjadi sesuatu yang besar.

Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-40 untuk Hai Magazine semoga semakin jaya luar biasa dalam berkarya dan menginspirasi anak-anak muda. Cerita tentang Maicih bisa disimak di Hai Magazine edisi bulan ini, yuk langsung dibeli di toko buku kesayangan kalian ya

Read More →